Kuliner Lezat Khas Cirebon

Kuliner Lezat Khas Cirebon

Kota Cirebon sangat sering dijadikan sebagai salah satu kota yang sangat populer dengan mempunyai berbagai kuliner lezat khas Cirebon.

Di Kota Cirebon, terdapat banyak santapan khas yang sangat menggugah selera untuk mereka pemburu kuliner lokal.  Sehingga apa saja kuliner enak khas Cirebon, kami akan memberikan seluruh makanan khas dari kota ini yang wajib kalian coba saat sedang berada di Cirebon.

Kuliner Lezat Khas Cirebon Yang Wajib Dicoba

Santapan khas Cirebon ialah akulturasi budaya yang terdapat di kota udang ini. Kuliner yang sudah sangat terkenal ialah hasil ternak dan kegemaran masyarakat Cirebon yang melindungi kuliner agar selalu bisa eksis di berbagai kalangan.

Baca Juga: Tentang Kami

Sekilas metode membuat santapan Cirebon gampang- gampang sulit serta terdapat pula yang sangat gampang. Tetapi cita rasa tidak sempat bohong, cuma tangan- tangan tertentu yang dapat meracik masakan berselera

Nasi Lengko

Nasi Lengko

Nasi lengko merupakan menu makan pagi yang terdapat di warung pinggir jalur ataupun pasar- pasar tradisional di Cirebon.

Bila tidak puas dengan tempe tahu, kalian pula dapat memesan sate kambing yang sangat lezat. Tidak terdapat bau prengus kambing ataupun bau amis yang tersisa. Rasanya murni daging kambing serta bumbu bumbu opsi yang disiram dengan sambal kecap.

Dari banyak yang menjual sudah menjaual kuliner nasi lengko yang berada pinggir jalan, namun warung nasi lengko Pak Barno sangat sering menjadi primadona. Sudah berjalan sejak tahun 1968 yang berada di jalan Pagongan, Cirebon, selain itu warung Pak Barno sukses dengan memiliki 2 cabang yang ada di Kota Cirebon lebih tepatnya berada di jalan Senang dan jalan Pagongan. Tidak hanya nasi lengko serta sate kambing, Pak Barno pula menjual tahu gejrot.

Empal Gentong

Empal Gentong

Empal gentong telah jadi bukti diri kuliner Cirebon semenjak dahulu kala serta populer sampai ke segala penjuru nusantara. Kuliner Empal gentong umumnya jadi menu bonus dikala katering hajat manten dengan jatah kecil.

Tetapi jika kalian berkunjung ke Cirebon, tidak terdapat lagi jatah empal gentong semacam di menu hajatan. Kalian dapat puas makan empal gentong dengan jatah besar serta bermacam isian.

Sekilas, kuliner empal gentong akan sangat terlihat mirip dengan gule tunjang khas dari masakan Padang, akan tetapi rasanya sangatlah jauh berbeda. Empal gentong yang menggunakan bahan dasar kaldu sapi, santan, kunyit, lada, jintan serta bumbu rahasia lain. Kemudian akan dimasak dalam sebuah gentong yang terbuat dari bahan tanah liat.

Jika sudah matang maka makanan empal gentong akan di sajikan di atas mangkuk kemudian akan di berikan kucai serta bawang goreng sehingga akan sangat terasa nikmat dan memiliki citarasagurih. Rasanya sangat menyegarkan, dapat menghangatkan badan yang kedinginan. Tetapi ingat untuk pengidap asam lambung dianjurkan buat makan empal gentong di siang hari, bukan selaku menu makan pagi.

Tempat terbaik untuk menikmati makanan khas Cirebon yang satu ini adalah di rumah makan empal gentong Bu Darma karena, dialah salah satunya yang mewarisi formula masakan Alm. Mang Darma. Di rumah makan ini kalian leluasa memilah empal gentong dengan daging sapi ataupun jeroan.

Tahu Gejrot Pasar Kanoman

Tahu Gejrot Pasar Kanoman

Jajanan harus bila berkunjung ke Cirebon merupakan tahu gejrot. Walaupun sangat gampang ditemui di bermacam kota, tidak terdapat yang dapat menandingi enaknya tahu gejrot Cirebon. Kuahnya terasa lebih kental dan memiliki rasa manis gula aren. Selain itu untuk porsinya terasa sangat cocok sehingga makanan khas Cirebon ini umumnya dijual pada saat siang hari saja.

Tahu pong yang sudah diiris kecil, kemudian akan disajikan dengan menggunakan cabai rawit hijau dan bawang merah. Kemudian akan disiram dengan kuah asam gula jawa yang menyegarkan. Santapan ini dapat berikan dampak mengenyangkan sekalian menyegarkan.

Nasi Jamblang

Nasi Jamblang

Santapan khas Cirebon berasal dari Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon dan tidak hanya memiliki cita yang istimewa, penyajiannya pula unik sebab disajikan dengan memakai daun jati. Perihal ini yang setelah itu jadi bukti diri nasi jamblang Cirebon.

Menu lauk yang disediakan berbagai macam, mulai dari ketahui serta tempe sampai opsi gulai ati ampela. Tiap makanannya diolah dengan metode yang berbeda sehingga rasanya tidak sama semacam lauk pauk pada biasanya.

Setelah itu telur goreng yang dimasak menggunakan minyak yang lebih banyak sehingga akan memiliki tekstur yang lebih renyah. Sambal yang di buat menggunakan irisan cabai dan akan dimasak hingga matang dan mengeluarkan harum. Selain itu untuk bumbu ati ampela yang konon katanya dimasak lebih dari 2 kali hal tersebut bertujuan membuat bumbu bawangnya terasa wangi dan nikmat.

Nasi jamblang yang jadi saran kami adalah warung ibad Otoy yang terletak di Jalan. Dokter Cipto Mangunkusumo. Umumnya nasi jamblang akan buka pada sore hari dan selalu cepat habis terjual bahkan saat malam belum berakhir.

Mie Koclok Cirebon

Mie Koclok Cirebon

Kuliner lezat di Cirebon berikutnya merupakan mie koclok dan makanan khas Cirebon ini sangat sering menjadi sajian istimewa pada saat gelaran doa sembayang orang yang telah meninggal. Tetapi bersamaan berjalannya waktu orang mulai menjual mie koclok di bermacam sudut di Kota Cirebon. Makan mie koclok sangat asyik dikala cuaca dingin, karena kuahnya memiliki lada putih serta dapat menghangatkan badan.

Mie yang digunakan dalam pembuatan mie koclok adalah mie kuning yang tidak menggunakan bahan pengawet sama sekali. Kemudian akan dibumbui dengan bahan bermutu serta disajikan dengan telur rebus beserta daging ayam suwir.

Salah satu mie koclok yang kami rekomendasikan adalah mie koclok Panjunan karena warung makan ini telah menjual mie koclok semenjak tahun 1960- an serta masih mempertahankan rupa bangunannya.

Rasa Mie Koclok Panjunan terasa sangat gurih sebab memiliki santan, kaldu ayam serta merica yang kokoh. Kuahnya kental sebab dicampur dengan tepung maizena.

Wangi daun seledri di dalam mulut terasa terus menjadi memantapkan cita rasa mie koclok yang khas. Telur serta ayam pula makin memenuhi kelezatan mie yang melegenda di kota udang itu.

Sate Kalong

Sate Kalong

Walaupun namanya sate kalong, namun anda tidak harus takut soal daging sate yang akan digunakan. Hal tersebut karena bahan bakunya tidak menggunakan daging kelelawar sama sekali. Penjualnya menyebut sajian ini selaku sate kalong sebab rumah makannya cuma dibuka dikala malam hari sampai pagi hari, persis semacam metode kalong berkeliaran.

Sate kalong rasanya gurih serta sedikit manis, hampir sama semacam rasa daging dendeng. Perpaduan daging kerbau serta sapi membuat santapan khas Cirebon ini mempunyai cita rasa yang otentik.

Proses membuat sate kalong terkategori panjang. Daging kerbau serta daging sapi yang masih mentah direbus terlebih dulu sampai empuk, setelah itu dilumuri bumbu rahasia. Setelah itu sate dicelupkan ke dalam larutan gula merah baru setelah itu terbakar. Tempat terbaik menikmati sate ini merupakan di Sate Kalong Drajat.

Empal Asem

Empal Asem

Sajian empal asam jauh berbeda dengan empal gentong. Santapan ini cenderung lebih rendah lemak serta kolesterol sebab tidak memiliki santan. Rasanya fresh dengan bumbu rempah yang kokoh.

Umumnya empal asam disajikan dengan nasi putih serta jadi alternatif untuk yang tidak suka santan. Santapan ini pula terkategori rendah lemak sebab cuma memakai daging paha balik yang leluasa lemak, tetapi jika lagi ngidam jeroan penjual pula siap sediakan.

Sumber rasa asamnya merupakan belimbing wuluh serta tidak memakai buah asam sama sekali, hingga rasanya fresh serta tidak menusuk, sangat imbang dengan rasa daging. Salah satu rumah makan yang menjual empal asam adalah empal gentong H. Apud karena rumah makan ini pula menjual empal gentong serta empal asam.