Bumbu Rempah Yang khas

Bumbu Rempah Yang khas

Ayam Tangkap ialah masakan ciri khas Aceh, yang dibuat dari ayam yang dimasak dengan menggunakan berbagau Bumbu Rempah Yang khas dari Aceh.

Saat dihidangkan Ayam ini terlihat unik, karena banyak Daun pandan yang turut tergoreng dan dihidangkan dalam piring.

Bumbu Dengan Rempah Yang khas, Ayam Tangkap Aceh

Hingga saat ingin makan, seolah harus mencari ayam yang sembunyi antara timbunan daun pandan. Dedaunan ini kecuali sebagai daya magnet sajian, sekalian dapat jadi sebagai lahapan kering.

Baca Juga: Berbagai Macam Nasi Goreng

Jika pada kondisi hangat, dedaunan ini berasa kering seperti krupuk. Saat itu di sejumlah tempat makanan ini disebutkan dengan ayam tsunami.

Ayam Tangkap dihidangkan dengan daun-daunan seperti daun temurui dan daun pandan yang dirajang kasar dan dimasak gurih. Mencicip daun gurih kemungkinan berasa aneh, tetapi jika dipadankan dengan ayam goreng, hasilkan cita-rasa yang unik dan nikmat.

Rasa yang unik itu sebagai kelebihan dari menu Ayam ini. Untuk yang baru pertama kalinya nikmati masakan Ayam Tangkap ini, umumnya akan rasakan rasa sensasi yang lain dengan masakan ayam yang lain.

Rasa daging ayam yang renyah dipadankan dengan daun temurui dan daun pandan yang gurih pasti memberi cita-rasa yang unik pada makanan tradisionil satu ini.

Nikmati menu Ayam yang ini benar-benar pas dihidangkan saat hangat dipadankan dengan nasi hangat juga. Wah benar-benar sangat nikmat.

Pengerjaan Ayam Tangkap

Pengerjaan ayam tangkap termasuk gampang. Saat sebelum diolah, ayam dibumbui lebih dulu yaitu bawang putih, lada, garam, kemiri dan jahe.

Sesudah ayam diberi bumbu secara rata baru ayam dimasak sepanjang 5 sampai 10 menit. Selanjutnya janganlah lupa saran juga dedaunan yang akan dihidangkan bersama ayam hingga rasa rempah dedaunan ikut menyerap ke daging ayam.

Dedaunan yang digunakan itu salah satunya daun kari, irisan daun pandan, dan salam koja. Kemudian, tinggal nantikan saja ayam sampai masak secara rata.

Sesudah ayam masak, suguhkan dalam piring bertepatan dengan dedaunan barusan dan jadilah ayam tangkap yang nikmat dan mengunggah nafsu makan.

Riwayat Ayam Tangkap Dengan Bumbu Rempah Yang khas

Asal mula Ayam Tangkap ini masih tidak dapat dijumpai dengan cara tepat. Tetapi menurut sejumlah sumber, menu ayam ini sebagai tipe makanan yang telah ada semenjak dulu.

Kabarnya nama Ayam Tangkap ini diambil dari rutinitas warga Aceh saat mengolah daging ayam. Yaitu saat sebelum mengolahnya, mereka harus tangkap ayam itu lebih dulu di pekarangan mereka.

Hingga banyak yang mengatakan Ayam Tangkap. Harus dipahami , dari beberapa penjual menu Ayam Tangkap di Aceh, nyaris semua memakai ayam daerah.

Ini ditujukan untuk menjaga cita-rasa dari menu Ayam Tangkap supaya masih orisinal.

Referensi Tempat Makan Ayam Tangkap

JIka kebenaran bertandang ke Bumi Serambi Mekah, Aceh, pengunjung dapat nikmati menu Ayam Tangkap di sejumlah lokasi yang paling hits sebagai berikut ini:

  1. Warung Nasi Hasan

Rumah Makan Hasan sebagai salah satunya tempat makan ayam tangkap terenak di Aceh. Kesedapan ayam tangkap yang disajikan pada tempat ini dapat ditunjukkan dari keberadaannya yang telah ada semenjak tahun 1989 lalu.

Bahkan juga, Rumah Makan Hasan juga sekarang cukup terkenal dengan mempunyai tiga cabang di Aceh. Ini memperlihatkan resep dari tempat makan ini benar-benar diterima oleh warga.

Warung Nasi Hasan 2 ada di Jl. Mr. T. Muhammad Hasan, Batoh, Lampeuneurut, Gampong. Sedang Warung Nasi Hasan 3 beralamat di Jalan Profesor Ali Hasyimi, Pango Raya, Ulee Kareng, Banda Aceh yang membuka tiap hari start pukul 10 pagi sampai 9 malam.

  1. Rumah Makan Detil Aceh

Pemilik rumah makan ini sebagai orang asli Aceh hingga membuat sanggup menyajikan kulineran ayam tangkap terenak di Aceh dan tentu saja dengan rasa yang orisinal.

Oleh karena itu di saat singgah ke Aceh, janganlah lupa singgah ke tempat makan ini. Warung makan yang membuka tiap ini hari nyaris selalu penuh oleh pengunjung.

Meskipun begitu tidak boleh cemas akan berdesakan karena karena tempat lokasi makannya sanggup memuat beberapa orang.

Alamat rumah makan yang mempunyai menu kulineran ayam tangkap mengagumkan ini ada di Jalan Hasan Dek nomor 14-16, Banda Aceh.

  1. RM. Aditya Jaya (Ayam Pramugari)

Jika jadi perhatian sepintas rumah makan ini lebih banyak yang menduga bila pemiliknya ialah seorang pramugari. Tetapi rupanya nama itu dilandasi jumlahnya pramugari yang beli ayam tangkap pada tempat ini, karena posisinya yang bersisihan dengan lapangan terbang.

Disamping itu nama ini juga cukup unik hingga sanggup membuat beberapa konsumen ingin tahu untk mencicipinya. Tetapi, yang lebih bernilai kecuali namanya yang unik cita-rasa dari ayam tangkapnya juga tidak disangsikan kembali kesedapannya.

Tidak itu saja saja, beberapa pengunjung bisa juga coba menu yang lain yang ada pada tempat ini yaitu gulai ayam dan gulai kambing yang tidak kalah sedap.

Kulineran ayam tipe ini terenak di Aceh ini dapat dicicipi dengan berkunjung rumah makan yang berada di Jl. BlangBintang Lama, Bueng Bakjok, Kuta Baro, Aceh Besar.

Jam operasional dari RM. Aditya Jaya ini dibuka tiap hari start pukul 07.00 sampai jam 18.00 sore.

  1. Rumah Makan Ayam Tangkap Cut Dek

Rumah Makan Ayam Tangkap Cut Dek sebagai satu di antrara demikian beberapa rumah makan yang menyuguhkan ayam tangkap terenak di Aceh. Bahkan juga rumah makan yang berdiri semenjak 1996 ini nyaris selalu ramai konsumen.

Sebagai unggulan rumah makan ini ialah bumbu rempah opsi yang membuat rasa ayam goreng demikian unik dan penyuguhannya yang selalu dihidangkan pada keadaan masih hangat.

Untuk yang ingin tahu dengan cita-rasa ayam tangkap di sini cukup persiapkan anggaran di antara 50-100 ribu rupiah saja. Rumah Makan Cut Dek ada di Jl. Lambaro, Banda Aceh dan membuka tiap hari start pukul 10 pagi s/d 10 malam

  1. Bu Sie Itek Bireuen Ustadz Heri

Rumah makan Bu Sie Itek Bireun sebagai salah satunya rumah makan yang terkenal di kelompok beberapa wisatawan luar kota. ayam tangkap yang dihidangkan tempat ini demikian khusus karena diperlengkapi dengan cabe hijau, daun temurui dan pandan.

Disamping itu, rumah makan yang selalu ramai ini sediakan menu menarik yang lain yaitu gulai bebek. Untuk yang ingin tahu dengan ciata rasa ayam tangkap pada tempat makan ini.

Langsung tiba ke tempat Bu Sie Itek Bireun yang beralamat di Geuceu Kaye Jato, Kec. Banda Raya, Banda Aceh, di samping mushola Mushola Meukeutop yag populer itu.

Warung makan yang ini membuka start pukul 10.00 pagi sampai jam 21.00 malam.

  1. Rumah Makan Lem Bakri

Rumah Makan Lem Bakri mempunyai menu ayam tangkap terenak di Aceh. Tidak itu saja saja rumah makan ini menyuguhkan kulineran ciri khas Aceh yang lain seperti kari kambing atau yang seringkali disebutkan kuah beulangong,

Tempat makan satu ini dapat Pengunjung datangi di Jalan Professor Ali Hasyimi, Lamteeh, Ulee Kareng, Banda Aceh. Bekerja tiap hari start pukul 11.00 sampai jam 15.00 sore.

  1. RM. Millenium Ujong Batee

Rumah Makan Ujong Batee sebagai salah satunya lokasi yang cocok untuk habiskan waktu berkualitas dengan keluarga. Beberapa pengunjung bisa nikmati sajian ayam tangkap yang sedap pada harga yang cukup dapat dijangkau.

Rumah pusara ini berada di Jalan Teuku Muhamad Hasan, Kuta Alam, Banda Aceh. Dan membuka tiap hari start pukul 8 pagi s/d 5 sore.

Maka untuk yang ingin tahu akan rasanya seharusnya segera pesan karena jika tidak, dapat bisa kamu kekurangan!

  1. Rumah Makan Rayeuk

Cita-rasa ayam tangkap di Aceh sudah populer bahkan mendiang Bondan Winarno juga pernah berkunjung rumah makan yang ini. Masalah harga juga, ayam tangkap di sini benar-benar berteman.

Tiba saja ke Rumah Makan Rayeuk yang membuka tiap hari start pukul 8 pagi sampai 10 malam untuk nikmati ayam tangkap terenak di Aceh.

Rumah Makan Aceh Rayeuk berada di Jalan Leung Bata, Banda Aceh.

Itu daftar rumah makan ayam tangkap yang mempunyai cita-rasa terenak di Aceh. Kami berharap pembahasan itu dapat berguna sebagi rujukan saat bertandang ke bumi serambi Mekah.